ICW Tuntut KPK Ambil Alih Penyelidikan BLBI

Voice of Human Rights News Center

Indah Nurmasari, 28 Maret 2008 – 16:44 WIB

VHRmedia.com, Jakarta – Indonesia Corruption Watch mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi segera mengambil alih penyelidikan kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia. Hal tersebut harus secepatnya dilakukan karena Kejaksaan Agung dinilai gagal menyelesaikan perkara korupsi itu.

Seusai bertemu Wakil Ketua Bidang Penindakan KPK Chandra Hamsah, Jumat (28/3), peneliti hukum ICW Febri Diansyah mengatakan, tidak ada alasan bagi KPK untuk menolak mengambil alih penanganan kasus BLBI. Berdasarkan aturan hukum pidana formal dan materiil, KPK dapat mengambil alih semua perkara korupsi yang belum selesai proses hukumnya (penyelidikan, penyidikan, atau penuntutan) di kepolisian atau kejaksaan.

Aturan itu, menurut Febri, juga berlaku pada semua kasus korupsi yang terjadi sebelum disahkannya UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Apalagi setelah tertangkapnya jaksa Urip Tri Gunawan 2 Maret lalu menunjukkan penanganan kasus BLBI di Kejagung mengandung unsur korupsi. “Kami telah bertemu Pak Chandra, karena hanya dia yang sampai saat ini belum mengambil sikap soal permintaan pengambilalihan kasus BLBI,” ujarnya.

Febri menjelaskan, salah satu dasar pengambilalihan kasus BLBI oleh KPK adalah

Pasal 9 dan Pasal 8 UU 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Dalam UU itu disebutkan pengambilalihan penyidikan dan penuntutan kasus korupsi dapat dilakukan jika ada laporan dari masyarakat yang menyebutkan penyelidikan pidana korupsi tidak ditindaklanjuti; penanganannya berlarut-larut tanpa alasan yang jelas; penanganan ditujukan untuk melindungi pelaku; penanganan tindak pidana korupsi mengandung unsur korupsi; serta dihambat karena campur tangan eksekutif, yudikatif, dan legislatif.

Pada kesempatan yang sama Ketua Tim Upaya Pemberantasan Korupsi Dewan Perwakilan Daerah Marwan Batubara juga meminta KPK segera mengambil alih kasus BLBI yang penyelidikannya macet di Kejaksaan Agung. (E1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s