Seragam Koruptor dan Pinokio

Sederhana saja, ini adalah soal bagaimana memperlakukan “sampah masyarakat” di forum yang terhormat.

Wacana pakaian untuk koruptor layaknya dilihat sebagai bagian dari perjuangan simbolik dalam kerangka yang lebih luas untuk memberikan efek jera terhadap koruptor. Aksi ini tentunya, merupakan bagian penting dari upaya merajut bolong-bolong dalam penegakan hukum yang dipimpin KPK. Karena semaksimal apapun dakwaan yang dituduhkan, setinggi apapun hukuman yang dijatuhkan, tidak akan signifikan memberikan efek jera dan rasa malu jika hal yang katakanlah “remeh temeh” seperti seragam tidak diperhatikan.

Lebih dari itu, ide agar tidak ada diskriminasi dalam proses hukum patut dipertimbangkan. Jika pencuri kecil, penipu kecil atau bahkan pembunuh dan terosis diwajibkan mengenakan seragam, tentu demikian juga hendaknya tersangka kasus korupsi.

Apalagi, kejahatan korupsi punya efek yang sangat buruk terhadap masyarakat. Ikut menjadi penentu penting soal kemiskinan dan penghisapan di masyarakat.

Sederhana saja, ini adalah soal bagaimana memperlakukan “sampah masyarakat” di forum yang terhormat.

4 thoughts on “Seragam Koruptor dan Pinokio

  1. hehe… Itu foto paling bawah, yang bertiga, deretan yang paling belakang, pake baju orange, tahanan apa yang menahan ya? kayaknya mukanya familiar…😀

    ssssstttt..jangan bilang sapa-sapa ya..hehehe2
    asli, aku geli banget sebenarnya kemarin di kpk

  2. Teman-teman Koruptor yang berbahagia, selamat ya atas baju barunya…
    Ini hasil rancangan desainer anti korupsi ternama di negeri ini, jadi bangga dong…

    Mau tahu salah satu perancang yang terlibat:
    Foto paling bawah, lelaki berbaju orange dan berbaju merah…HAHAHA…

    Salut buat rekan-rekan ICW…

    (btw, seharusnya tulisan korupsinya lebih gede dari KpK nya)

    nah…ini nih..satu lagi…SSSSSTTTTTTTTT…jangan bilang2, apalagi tentang identitas yang difoto…hehehe2

  3. yah,,ini bukan persoalan remeh temeh, tp ini persoalan serius, yang juga mempertegas keseriusan dalam penanganankasus korupsi. awal yang baik. niscaya, selain seragam, hukuman bagi yg terbukti korupsi pun nantinya akan sama beratnya” dengan kejahatan lain dan bahkan labih berat.

    kita harus berterimakasih kepada teman2 yang telah mendorong upaya ini.

    perlu ga ya polling pada koruptor, mereka suka warna apa…hehehe2

  4. wah wah..’tahanan’ berbaju orange pada barisan no tiga itu seperinya lebih keren dari vocalisnya peterpan..🙂

    iya, pak febri..
    jangan basa-basi sama koruptor..
    lagi-lagi saya hanya mampu berdoa (sementara)..
    entah esok hari…

    hehehe2…tp ada sedikit kabar juga dari sebagian teman lsm lain, mereka bilang, “pemberian baju tahanan melanggar ham”…hahaha2…agak aneh memang, dan mirip dengan suara salah seorang pengacara tersangka kasus korupsi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s