Permohonan Judicial Review UU Mahkamah Agung

 

Rabu, 8 April 2009, Pukul 14.00 WIB, Tim Advokasi Penyelamat Mahkamah Agung mendatangi Mahkamah Konstitusi untuk mengajukan PERMOHONAN Judicial Review UU Mahkamah Agung (UU No. 3 tahun 2009).

Sebagai PEMOHON dalam JR ini adalah:

  1. Asfinawati (Advokat – Direktur LBH Jakarta)
  2. Hasril Hertanto (Dosen – Ketua Harian Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia (MaPPI) FH UI)
  3. Danang Widoyoko (Koordinator ICW)
  4. Zainal Arifin Mochtar  (Dosen – Direktur Pusat Kajian Anti (PuKAT) Korupsi FH UGM)

Pada prinsipnya, Pemohon minta UU MA DIBATALKAN karena proses pembentukannya Bertentangan dengan UUD 1945. Dari awal bahkan, ICW sudah memperingatkan pihak DPR untuk melaksanakan proses pembentukan UU secara benar, terbuka, transparan dan partisipatif. Akan tetapi hal itu dinilai telah dilanggar dalam pembahasan UU MA ini.

Sedangkan di persidangan Paripurna, ada dua pelanggaran yang diargumentasikan PEMOHON:
Pertama, Persidangan paripurna DIMULAI padahal belum Quorum, karena menurut perhitungan monitoring ICW, yang hadir hanya berkisar 90-96 orang. Sementara Tatib mewajibakan minimal hadir 50% anggota DPR, atau sekitar 275 orang ditambah 1.

Kedua, Putusan pengesahan tetap dilakukan oleh Pimpinan Sidang meskipun ada beberapa fraksi yang masih keberatan dan bahkan tidak menyetujui pengesahan UU tersebut.Seharusnya yang dilakukan, pembahasan dilanjutkan, jika masih tidak ada ttiik temu barulah diadakan Votting.

Untuk poin pertama, isunya sangat terkait dengan FENOMENA TUKANG BOLOS yang diributkan akhir2 ini. Bahwa tingkat kedatangan DPR snagat rendah di persidangan. Bahkan bukan tidak mungkin mereka tercatat datang di absesnsi akan tetapi secara fisik tidak berada di ruang sidang. Untuk membuktikan hal ini, pada permohonan dilampirkan bukti DVD yang meperlihatkan kosongnya ruang sidang paripurna Nusantara II tempat pengesahan UU MA saat itu. Bukti DVD berasal dari:

Swara TV (2 keping); ANTV (1 keping)

Lebih lengkap, klik disini: PERMOHONAN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s